Serba Ekonomi

Home » INFO EKONOMI » Tokoh Ekonomi Indonesia

Tokoh Ekonomi Indonesia

Indonesia memiliki tokoh ekonomi yang sangat berperan dalam pembangunan negara Indonesia di masa lalu dan berkat mereka negara kita dapat semakin tumbuh. Inilah Tokoh Ekonomi Indonesia yang

Memikirkan Kesejahteraan Khalayak Banyak.

1. Dr. H. Muhammad Hatta

Beliau adalah salah satu tokoh ekonomi Indonesia yang berhasil sampai menjadi menjadi wakil presiden Indonesia periode pertama di era orde lama menemani Bung Karno. M. Hatta yang lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di kota Bukittinggi Sumatera Barat memiliki latar belakang pendidikan ekonomi di Handel Middlebare School atau Sekolah Menengah Dagang di Batavia dan lulus pada tahun 1921. Selepas lulus di sekolah Handel Middlebare School, Hatta melanjutkan sekolah ke Sekolah Tinggi Ekonomi di Nederland Handelshogeschool, di kota Rotterdam, Belanda.

Sebagai seorang tokoh ekonomi Indonesia, Bung Hatta di kenal dengan pemikirannya yakni Hattanomics yang memiliki pilar utama berupa penguasaan aset oleh negara, kontrol terhadap swasta, dan tumbuhnya perekonomian rakyat yang mandiri. Kekuasaan aset oleh negara bukan berarti berhaluan sosialis namun tak lebih dari kontrol pemerintah dalam rangka melayani hajat hidup orang banyak dengan maksimal, meskipun kemungkinan besar masalah ekonomi tetap akan timbul. Kontrol terhadap swasta dalam artian membatasi dan mengontrol swasta agar tidak merugikan masyarakat banyak dan tetep mengutamakan keuntungan bersama,dan tumbuhnya perekonomian rakyat yang mandiri adalah impian Hatta agar masyarakat sejahtera.

2. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo

Beliau adalah salah satu tokoh ekonomi indonesia yang lahir di kota Kebumen, Jawa Tengah, pada tanggal 29 Mei 1917. Sebagaiseorang tokoh ekonomi beliau telah di percaya memangku jabatan sentral dan penting perekonomian nasional seperti Menteri Perdagangan dan Perindustrian Kabinet Natsir (1950-1951), Menteri Keuangan Kabinet Wilopo (1952-1953), Menteri Keuangan Kabinet Burhanuddin Harahap (1955-1956), Menteri Perdagangan Kabinet Pembangunan I (1968-1973), dan Menteri Riset Kabinet Pembangunan II (1973-1978). Pemikiran beliau adalah pentingnya menciptakan SDM pilihan sebagai pilar perkonomian bangsa, untuk itulah beliau mendirikan Fakultas Ekonomi di Universitas Indonesia.

Lalu beliau juga menjadi salah satu pendiri Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di tahun 1955. Penghargaan internasional pun pernah di dapatkan dengan di angkatnya beliau menjadi salah satu dari lima ahli dunia/group of five top experts oleh PBB.

Itulah dua diantara banyak tokoh ekonomi Indonesia, masih ada tokoh-tokoh lain seperti Widjojo Nitisastro, Dr Sjahrir, Prof Dr Mubyarto, Prof. Dr. Boediono M.Ec dan masih banyak yang lainnya. Kesemuanya memiliki andil yang besar terhadap perkembangan perekonomian di Indonesia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PILIHAN

%d bloggers like this: